banner

5 Kuliner Aceh Paling Enak Yang Wajib Banget Dicoba

author photo March 08, 2020
Hallo Sobat Santuy semua, kalian laper? kebetulan yang suka traveling dan nikmatin berbagai kuliner nikmat, wajib dateng ke Aceh, karna banyak sekali makanan enak disana yg kalian harus coba, Berikut daftar kuliner di Aceh yang enak, 



1. Bubur Kanji Rubi



Image credit Veronica Dyen

Bulan Ramadan lalu, Bubur Kanji Rumbi sering disediakan sebagai menu buka puasa, terutama di masjid-masjid. Buburnya sendiri mirip dengan bubur ayam yang dijual di daerah-daerah lain di Indonesia. Namun, yang membedakan adalah topping yaitu udang atau potongan daging, dan sayuran seperti wortel atau kentang.

Image credit: @sya_zub

Terinspirasi dari tradisi India, bubur ini mengandung rempah-rempah, termasuk kapulaga hijau yang dipercaya dapat menenangkan perut sesudah berpuasa. Di berbagai kota dan desa di Aceh, Bubur Kanji Rumbi dimasak di panci atau kuali besar karena akan disuguhkan kepada ratusan, atau bahkan ribuan orang! Di luar bulan puasa, tidak banyak rumah makan yang menyajikan masakan ini. Akan tetapi, kamu bisa coba bertanya ke rumah makan khas Aceh yang dekat dengan penginapanmu.
  • Lokasi: Rumah Makan Aceh Rayeuk,  Jl. Mr. Muhammad Hasan, Lueng Bata, Kota Banda Aceh
  • Jam Buka: Setiap hari, 8.00 hingga 22.00
  • Harga: Mulai dari 10,000 IDR



2. Ayam tangkap

Image credit resepkoki
Kuliner Banda Aceh dan sekitarnya yang satu ini, juga cukup terkenal. Pertama, ayam digoreng dengan bumbu-bumbu sebagaimana ayam goreng pada umumnya. Saat ayam setengah matang, lalu dimasak dengan daun-daun seperti daun kari, potongan daun pandan, dan salam koja. Tidak hanya menjadi pemanis sajian, masyarakat Aceh biasa memakan dedaunan tersebut, lho. Penasaran?

Image credit youtube

Ayam tangkap disajikan dengan nasi gurih, atau yang kita ketahui sebagai nasi uduk. Rasa pedas ayam goreng yang menggelitik, berpadu dengan wangi dedaunan, plus lezatnya nasi pulen, yakin cukup sepiring?

  • Lokasi: Warung Nasi Kambing Lem Bakrie, Jl. Prof. Ali Hasyimi, Lamteh, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh
  • Jam Buka: Setiap hari, 11.00 hingga 15.00
  • Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi



3. Sate Matang



Jangan tertipu dengan penampilan Sate Matang yang tampak ‘mini’. Dibuat dari daging sapi atau kambing, sate ini dilumuri lemak sapi atau kambing lagi (sesuai bahan dasarnya) sebelum dibakar. Lalu, sate disajikan dengan bumbu kacang dan kuah kaldu yang dibuat dari tulang sapi atau kambing. Pasti menggugah selera!

Image credit okezone

Cabai rawit dicampur ke kuah kaldu atau bumbu kacang, sehingga kamu bisa memesan sesuai keinginanmu. Di Bireuen, Aceh, kebanyakan warung Sate Matang buka 24 jam. Kamu dapat memilih untuk menikmati Sate Matang pada saat sarapan, makan siang, atau makan malam.

  • Lokasi: Warung Sate Matang Yakin Rasa, Jl. Taman Sri Ratu Safiatuddin No.82, Bandar Baru, Kuta Alam, Kota Banda Aceh
  • Jam Buka: Setiap hari, 16.00 hingga 02.00
  • Harga: Mulai dari 35,000 IDR untuk satu porsi


4. Sie Reuboh

Image credit youtube

Secara harfiah, Sie Reuboh berarti daging rebus. Namun kuliner Sie Reuboh ini mengacu pada daging sapi campur lemak dan tetelan, yang dimasak dengan rempah-rempah seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, dan sebagainya. Yang membuat unik Sie Reuboh adalah penggunaan cuka Aceh. Masakan dengan taste asam-pedas ini pun menjadi harum.


Image credit Google

Kuliner Banda Aceh dan sekitarnya ini memang memanfaatkan ‘cuka enau’, yang juga kerap disebut ‘cuka gampong’ atau ‘cuka ijuk’. Selain untuk menguatkan rasa, cuka yang banyak dijual di pasar tradisional ini mampu melunakkan daging dan mengawetkan masakan secara alami. Tak heran jika masyarakat Aceh rela berlama-lama memasak Sie Reuboh. Sekali masak, Sie Reuboh bisa tahan hingga berbulan-bulan!

  • Lokasi: Rumah Makan Delima Baru, Jalan Lintas Medan-Jalan Banda Aceh, Ingin Jaya, Aceh Besar
  • Jam Buka: Setiap hari, 10.00 hingga 16.00
  • Harga: Mulai dari 30,000 IDR per porsi


5. Kuah Beulangong


Image credit: @aanpixx

Pada hari raya Idulfitri yang lalu, Kuah Beulangong dapat mudah ditemukan di berbagai tempat di Aceh. Maklum, kuliner Banda Aceh sekitarnya ini memang kerap dipersiapkan untuk menyambut hari-hari besar keagamaan.


Image credit: @fadly_batubara

Berdasarkan adat setempat, hidangan kari daging kambing atau sapi ini hanya boleh dimasak oleh laki-laki. Apalagi, proses memasaknya cukup rumit. Selain persiapan yang menghabiskan tenaga, Kuah Beulangong biasa disajikan dalam porsi besar untuk dinikmati oleh orang satu kampung. Maklum, nama ‘beulangong’ sendiri berasal dari kata ‘belanga’, atau kuali besar.



Image credit: @mrzki_a

Untuk rasa, tak perlu diragukan lagi. Karena dimasak dalam waktu lama (sekitar 2-4 jam), daging kambing atau sapi menjadi sangat empuk. Plus, rempah-rempahnya meresap sempurna! Sedikit rasa pedas semakin melengkapi gurihnya Kuah Beulangong. Tripzilla tidak tanggung jawab kalau kamu sampai kalap, ya!
  • Lokasi : Warung Nasi Kambing Lem Bakrie, Jl. Prof. Ali Hasyimi, Lamteh, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh
  • Jam Buka : Setiap hari, 11.00 hingga 15.00
  • Harga : Mulai dari 35,000 IDR per porsi


  • Harga diatas kapan saja dapat berubah

This post have 0 komentar

add your massage to every single people do comment here!
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisemen

Advertisement

Themeindie.com